Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi S-1 Teknik Lingkungan FT USM

Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (FT-USM) telah mendapat kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam akreditasi Program Studi (Prodi) S-1 Teknik Lingkungan yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Februari 2018. Asesmen lapangan yang dilakukan oleh Tim Asesor tersebut merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S-1 Teknik Lingkungan FT-USM.

Tim Asesor terdiri dari dua orang yakni Dr. Benno Rahardyan, ST., MT. (Institute Teknologi Bandung/ITB) dan Ir. Eddy Setiadi Soedjono, Dipl. SE, M.Sc., Ph.D. (Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya/ITS), disambut hangat oleh Pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, Para Dosen dan Tenaga Kependidikan di Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh.

Jajaran FT-USM bersama Asesor, Dr. Benno Rahardyan (memegang plakat) usai melakukan visitasi | Foto: M. Nizar Abdurrani

Suasana asesmen FT-USM di ruang dekan | Foto: M. Nizar Abdurrani

Bertempat di Sidang Rapat dan Ruang Sidang FT USM Gedung H, kegiatan diskusi borang dimulai sejak pukul 09.00 dan berakhir hingha pukul 21.00 WIB dilanjutkan hingga keesokan harinya. Sesi diskusi meliputi diskusi borang 3B dipaparkan oleh Fadhli, S.Kom, M.Kom (Dekan FT USM). Sementara borang 3A dipaparkan oleh Muhammad Nizar, ST, MT (Ketua Prodi S-1 Teknik Lingkungan).

Sementara itu, wawancara terhadap alumni dan stakeholders Prodi Teknik Lingkungan dilakukan pada hari yang sama di lokasi yang sudah disediakan. Setelah Ishoma, dilanjutkan dengan pertemuan mahasiswa. Sesi pertemuan dengan mahasiswa berlangsung hangat dan penuh antusias. Hal tersebut nampak dari estimasi waktu yang dirasa kurang untuk melaksanakan sesi temu mahasiswa, demikian diungkapkan Ir. TM Zulfikar, PD III FT USM.

Di hari yang sama tim asesor juga melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas pendukung perkuliahan seperti laboratorium, perpustakaan dan berbagai fasilitas penunjang akademik lainnya.

Penyerahan BAP kepada Kaprodi Teknik Lingkungan FT-USM

Akhir kegiatan visitasi asesor menyerahkan berita acara dokumen akreditasi kepada Dekan FT USM Fadhli, S.Kom., M.Kom., dan Muhammad Nizar, ST, MT, selaku Ketua Prodi Teknik Lingkungan FT USM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *